Cara Membeli Saham Online

 In Uncategorized

Cara Membeli Saham Online

Membeli saham di platform perdagangan bursa efek membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus yang bisa dipelajari. Hal ini tentu diperlukan terutama bagi para pemula. Saat pertama kali Anda menjadi bagian dari perusahaan ternama dengan membeli sejumlah sahamnya tentu dapat dilakukan dalam sekejap. Namun, apakah cara yang dilakukan sudah benar?

Berikut 5 (lima) langkah cara membeli saham secara online yang direkomendasikan sejumlah pakar investasi, seperti dilansir oleh Nerdwallet, portal investasi global.

Langkah 1. Buka akun saham

Tak seperti suasana perdagangan saham sebelumnya di sejumlah bursa efek yang diwarnai hiruk-pikuk teriakan para pelaku investasi, kini perdagangan saham bersifat lebih nyaman dan mudah dilakukan secara online. Anda tinggal memilih online broker yang sesuai dan melakukan transaksi.

Membuka akun saham itu semudah menyiapkan rekening bank. Anda diminta melengkapi aplikasi akun, memberi identifikasi, dan memilih bagaimana Anda ingin membiayai akun tersebut dengan mentransfer dana secara elektronik. Beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan, di antaranya: berapa anggaran yang dimiliki, berapa jumlah frekuensi transaksi yang direncanakan, dan berapa banyak dukungan lain yang diinginkan.

Langkah 2. Pilih saham

Setelah Anda menyiapkan dan membiayai akun pialang, lakukan kegiatan bisnis pengambilan saham. Langkah terbaik untuk memulai adalah dengan meneliti perusahaan yang memiliki rekam jejak baik berdasarkan pengalaman Anda sebagai konsumen. Seperti saran yang diungkapkan Warren Buffett, Praktisi Investasi asal AS, untuk membeli saham suatu perusahaan karena keinginan memilikinya bukan karena keinginan menaikkan tren saham tersebut.

Mulailah memilih saham dengan mencermati laporan tahunan perusahaan—surat tahunan khusus manajemen kepada pemegang saham. Surat itu akan memberi Anda narasi umum tentang apa yang terjadi dengan bisnis dan memberikan konteks terhadap angka-angka dalam laporan.

Setelah itu, sebagian besar informasi dan alat analitis yang dibutuhkan untuk mengevaluasi bisnis akan tersedia di situs web pialang Anda. Kebanyakan pialang bahkan memberikan tutorial cara menggunakan alat mereka dan seminar dasar tentang cara memilih saham.

Langkah 3. Tentukan jumlah saham yang akan dibeli

Pertimbangkan untuk memulai membeli dari jumlah yang kecil. Dengan demikian, Anda dapat merasakan memiliki masing-masing saham dan menguji kesabaran saat terjadi lonjakan harga yang tidak diprediksi sebelumnya. Anda dapat menambah posisi jumlah saham Anda seiring waktu.

Langkah 4. Pilih jenis pesanan

Jangan abaikan semua angka dan kombinasi kata yang tidak Anda mengerti di halaman pesanan. Lihatlah tabulasi persyaratan perdagangan saham dasar, seperti pesanan pasar, batas pesanan, dan sebagainya.

Meskipun batas pesanan menjamin harga yang akan Anda dapatkan jika pesanan dijalankan, tidak ada jaminan bahwa pesanan akan dipenuhi seluruhnya, sebagian, atau bahkan tidak sama sekali. Batas pesanan dapat membebani investor lebih banyak dalam komisi daripada pesanan pasar.

Langkah 5. Optimalkan pendekatan

Jangan abaikan semua angka dan kombinasi kata yang tidak Anda mengerti di halaman pesanan. Lihatlah tabulasi persyaratan perdagangan saham dasar, seperti pesanan pasar, batas pesanan, dan sebagainya.

Pastikan Anda memiliki alat investasi yang tepat. Miliki juga daftar online broker terbaik untuk membantu Anda sebagai pemula. Perhatikan pula biaya investasi karena hal ini dapat mengikis keuntungan Anda secara signifikan. Jika masih ada keraguan untuk memilih saham individu, maka pertimbangkan pialang terbaik untuk reksa dana.

Nah, sudah siap untuk membeli saham impian Anda? Lakukan dengan mempraktikkan kelima langkah di atas.

Recent Posts

Leave a Comment

0
Amazon, RekoAmazon, Rekomendasi Saham Jangka Panjangmendasi Saham Jangka Panjang5 Cara Investasi Saham Untuk Pemula