5 Cara Investasi Saham Untuk Pemula

 In Uncategorized

Tahukah Anda jika investasi saham merupakan salah satu bentuk tabungan di masa depan? Bagaimana cara untuk memulainya? Yuk, ikuti 5 (lima) cara berinvestasi di pasar saham untuk pemula berikut ini, seperti dilansir oleh Nerdwallet, portal investasi internasional.

  1. Pilih gaya investasi

Ada beberapa cara pendekatan dalam investasi saham. Pilihlah tipe yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

  • Tipe DIY adalah tipe orang-orang yang tertarik memilih saham untuk kepentingan pribadi. Mereka akan bersemangat mempelajari seluk-beluk saham, baik dengan bantuan tutor maupun belajar autodidak melalui referensi hingga mahir memainkannya di pasar saham.
  • Tipe pasif adalah tipe orang-orang yang telah mengetahui bahwa saham bisa menjadi investasi yang luar biasa, tetapi mereka ingin menggunakan jasa pialang (broker)— baik penasihat robotik maupun profesional, untuk mengelola investasi sahamnya. Hampir semua perusahaan pialang ternama menawarkan layanan manajemen investasi saham, yang akan menginvestasikan uang klien mereka berdasarkan tujuan khusus klien.
  1. Buka akun

Untuk berinvestasi di pasar saham umumnya diperlukan akun investasi.

  • Membuka akun pialang

Sebuah akun online broker dapat menawarkan jalur tercepat dan termurah untuk membeli saham. Dengan jasa pialang, Anda dapat membuka akun  individu. Cara lainnya, Anda juga dapat membuka akun pialang berpajak jika tabungan Anda sudah memadai. Ingat, untuk tahap pembukaan akun investasi ini, hendaknya Anda mengevaluasi pialang berdasarkan faktor-faktor seperti besarnya komisi transaksi, biaya akun, biaya pemilihan investasi, biaya investigasi, dan alat-alat investor.

  • Membuka akun penasihat robotik

Layanan penasihat robotik akan menanyakan tujuan investasi Anda selama proses on-boarding, lalu membuat portofolio yang dirancang sesuai tujuan. Jadi, Anda tidak perlu melakukannya sendiri!

Tahu perbedaan saham vs reksa dana saham

Bagi kebanyakan orang, investasi pasar saham berarti memilih di antara dua jenis investasi berikut ini:

  • Saham reksa dana

Ini adalah dana yang diperdagangkan di bursa yang memungkinkan Anda membeli sejumlah unit dari berbagai saham dalam satu transaksi. Ketika Anda berinvestasi dalam dana, Anda juga memiliki unit-unit dari masing-masing perusahaan tersebut. Anda pun dapat mengumpulkan beberapa dana untuk membangun portofolio yang terdiversifikasi.

  • Saham individu

Jika Anda mencari perusahaan tertentu, Anda dapat membeli satu atau beberapa saham sebagai cara untuk masuk ke dalam perdagangan saham. Membangun portofolio yang terdiversifikasi dari beragam saham individu memang mungkin dilakukan, tetapi membutuhkan investasi yang signifikan.

  1. Tetapkan anggaran

Investor baru sering memiliki dua pertanyaan dalam tahap ini, yaitu:

  • Berapa besarnya anggaran yang diperlukan untuk mulai berinvestasi dalam saham?

Jumlah anggaran yang Anda butuhkan untuk membeli saham individu tergantung dari harga saham tersebut. Jika Anda menginginkan reksa dana dan memiliki anggaran kecil, saham yang diperdagangkan di bursa dapat menjadi taruhan terbaik Anda.

  • Berapa besarnya anggaran yang harus diinvestasikan dalam saham?

Jika Anda berinvestasi melalui dana, Anda dapat mengalokasikan porsi portofolio Anda yang cukup besar untuk dana saham, terutama untuk jangka waktu yang panjang. Misalnya, investasi 30 tahun untuk dana pensiun berarti memiliki 80% dana saham, sisanya menjadi dana obligasi.

  1. Mulai berinvestasi

Investasi saham penuh dengan strategi dan pendekatan yang cukup kompleks. Namun, sejumlah investor yang telah sukses justru hanya menerapkan dasar-dasar investasinya saja. Warren Buffett, Praktisi Bursa Efek AS, menyarankan agar memulai investasi dengan membeli saham indeks berharga rendah dan memilih saham individu hanya jika Anda percaya pada potensi perusahaan untuk pertumbuhan jangka panjang. Jika setiap saham menarik bagi Anda, belajarlah untuk meneliti saham yang sepadan dengan waktu investasi Anda. Jika Anda berencana untuk tetap fokus dengan dana, membangun portofolio sederhana dari opsi berbasis luas dan berbiaya rendah harus menjadi tujuan Anda.

Selamat berinvestasi!

 

Investasi properti dengan modal 5 juta? Emang bisa?

Recent Posts

Leave a Comment

0
Cara Membeli Saham Online8 Cara Belajar Saham Untuk Pemula