8 Cara Belajar Saham Untuk Pemula

 In Uncategorized

8 Cara Belajar Saham Untuk Pemula

Sebagai pemula, para investor baru mengambil langkah pertama mereka untuk mempelajari dasar-dasar perdagangan saham dengan mengakses beragam referensi tepercaya. Sama halnya seperti saat belajar mengendarai sepeda, jatuh itu menjadi hal biasa. Demikian pula saat Anda baru memulai belajar tentang saham, awalnya trial and error, lalu berbekal ilmu dasar dan terjun langsung ke pasar saham, secara bertahap kemampuan menjadi terasah.

Ketahuilah bahwa Investor memiliki waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan dan mengasah keterampilan mereka. Strategi yang digunakan berpuluh tahun yang lalu masih digunakan sampai sekarang. Permainan saham memang selalu memiliki kekuatan penuh. Jadi, belajarlah dari sekarang untuk memulainya!

Berikut 8 (delapan) jawaban terbaik untuk pertanyaan sederhana para pemula, “Bagaimana cara memulai belajar saham?” seperti dimuat dalam platform saham global, Stocktrader.

  1. Baca buku

Pelajari hal-hal yang Anda butuhkan dari sumber buku yang menyediakan banyak informasi tentang perdagangan saham. Belajar melalui buku merupakan cara yang lebih ekonomis dalam mempelajari saham dibandingkan dengan mengikuti kelas pelatihan saham.

  1. Baca artikel

Artikel adalah sumber daya yang fantastis untuk pendidikan, termasuk untuk pengetahuan saham. Anda dapat mengakses beragam jenis artikel baik versi cetak maupun digital. Ada banyak situs web yang disarankan untuk pendidikan investasi dan tentu saja pencarian Google.

  1. Cari mentor

Bagi para pemula yang menemukan banyak kendala saat belajar sendiri, maka mentor bisa menjadi solusi terbaik. Seorang mentor yang baik bersedia menjawab pertanyaan, memberikan bantuan, merekomendasikan sumber daya yang berguna, dan menjaga semangat peserta didiknya ketika pasar saham sedang turun. Semua investor yang sukses di masa lalu dan masa kini telah memiliki mentor selama hari-hari awal perjalanan mereka.

  1. Belajar dari investor besar

Pembelajaran saham melalui kisah sukses investor-investor besar di masa lalu akan memberikan perspektif, inspirasi, dan penghargaan untuk para pemula di pasar saham. Sebut saja sejumlah nama investor besar dunia seperti Warren Buffett, Jesse Livermore, George Soros, Benjamin Graham, Peter Lynch, John Templeton, dan Paul Tudor Jones. Inspirasi mereka akan membawa Anda menuju kesuksesan di masa depan.

  1. Baca dan ikuti pasar

Situs-situs seperti Yahoo Finance dan Google Finance berperan sebagai sumber berita yang berkualitas untuk para investor baru. Dengan membaca berita utama dan memantau pasar setiap hari, para investor dapat mengekspos diri mereka ke dalam tren, analisis pihak ketiga, konsep ekonomi, dan bisnis umum, selain mengamati data fundamental.

  1. Pertimbangkan langganan berbayar

Beberapa investor mungkin menemukan cara belajar yang lebih efektif dengan menonton atau mengamati para profesional pasar saham dibandingkan cara belajar sendiri. Jadi, tak ada salahnya untuk membayar riset dan analisis yang banyak manfaatnya. Ada banyak layanan langganan berbayar yang tersedia di banyak situs web. Kuncinya, Anda harus dapat menemukan layanan yang tepat untuk Anda.

  1. Ikuti seminar atau kelas

Seminar atau kelas khusus dapat memberikan wawasan yang berharga tentang keseluruhan pasar dan jenis investasi khusus. Umumnya, seminar akan memfokuskan ulasan pada satu aspek spesifik pasar saham dari perspektif pembicara yang sukses memanfaatkan strateginya selama bertahun-tahun. Ada juga beberapa seminar yang disediakan gratis bagi para pemula.

  1. Beli saham pertama atau praktik dengan simulator

Salah satu cara belajar terbaik adalah berani mengambil risiko dengan melakukan perdagangan pertama Anda. Jangan takut untuk memulai dari yang kecil—bahkan 1, 10, atau 20 saham saja akan memenuhi tujuan bagi pemula untuk masuk ke dalam permainan saham.

Jika perdagangan dengan modal riil tidak mungkin dilakukan di periode awal, pertimbangkan untuk menggunakan simulator saham melalui perdagangan virtual. Berbagai online broker menawarkan perdagangan virtual untuk berlatih.

Jangan takut untuk memulai, belajarlah dengan melakukan cara-cara yang direkomendasikan di atas. Selamat mencoba!

Recent Posts

Leave a Comment

0
5 Cara Investasi Saham Untuk Pemula